Gedung perundingan Linggarjati merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus di Kaki Gunung Ciremai bagian tenggara +/- 17KM dari pusat kota Kuningan ke arah utara atau +/- 26KM dari kota Cirebon ke arah selatan.

Pada tanggal 10 s.d 13 Novermber berlangsung perundingan bersejarah antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah kerajaan Belanda. Perundingan tersebut merupakan upaya perjuangan Indonesia melalui jalur diplomasi untuk mendapatkan kedaulatan bangsa.

Bentuk bangunan masih dipertahankan, beberapa benda atau replika benda dipergunakan pada masa perundingan dapat disaksikan di dalam rumah yang kini berfungsi pula sebagai musium. Fasilitas yang tersedia saat ini adalah tempat parkir, kios jajanan, mushola, toilet, taman terbuka, dan auditorium.

Bumi perkemahan (Buper) Palutunngan terletak di kawasan Gunung Ciremai, tepatnya d idusun Malaram, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, dengan jarak 9KM dari kota Kuningan ke arah Barat. Letak areal yang berada di kawasan pegunungan memberikan keistimewaan bagi Buper Palutungan yaitu udara yang sejuk, segar dan air yang jernih sehingga cocok untuk berkemah atau hiking. Sekitar Buper Palutungan terdapat Curug Ciputri dan Curug Landung yang menyajikan keindahan air terjun alami.

Terletak di keiurahan Cipari, Kecamatan Cigugur ,sekitar 4,7km ke arah Barat kota Kuningan, terdapat suatu situs purbakala yang diresmikan pada tahun 1978, yaitu Taman Purbakala Cipari, objek wisata yang tepat dan dapat menarik bagi pengunjung yang ingin mengenal sejarah kepurbakalaan Indonesia. Keberadaan situs ini merupakan bukti bahwa manusia purba yang bermukim di Cipari telah memiliki kebudayaan tinggi. Saat ini, musium Taman Purbakala Cipari menyimpan beberapa koleksi sejarah dari jaman batu diantaranya berupa aksesoris, perkakas, dan gerabah. Di halaman musium terdapat peti kubur batu, tempat pemujaan, dan tempat pertemuan yang terbuat dari batu-batu besar. Fasilitas yang ada adalah tempat parkir saung, toiiet, mushola, dan taman hijau

Linggarlatl lndah adalah salah satu tempat rekreasi keluarga Yang terletak di Desa Linggariatl, Kecamatan Cilimus berjarak 14KM dari kota Kuningan ke arah Utara, atau  26 KM dari kota Cirebon ke arah Selatan. Areal wisata seluas 11,5 ha ini terbagi menjadi kolam renang anak dan dewasa dengan standar nasional, kolam pemancingan, villa, area outbond, dan wahana permainan anak-anak. Selain itu terdapat Iokasl yang cocok untuk berkemah. Objek wisata lni menyediakan sarana flaying fox dan panggung hlburan yang menvajikan live music pada saat-saat tertentu. Selain fasilitas rekreasi iuga terdapat tempat parkir, toilet, kios jajanan, kios cindramata, dan gedung serbaguna untuk kebutuhan seminar, acara ulang tahun dan resepsl pernikahan

Curug Sidomba merupakan objek wisata aiam pegunungan yang indah dan sejuk, tempat bertemunya tiga mata air yaitu Cisade, Cihaliwung, dan Cikapala. Areal ini dilengkapi dengan bumi perkemahan yang luas, mini zoo berisi koleksi beberapa hewan iangka, misalnya domba bertanduk empat, tangga ular, mesjid At-Tiin, kolam renang, dan saung keluarga cocok untuk makan sambi! Iesehan bersama keluarga. Daya tarik objek ini terietak pada air terjun dan kolam ikan, serta penataan tempat yang menawan. Untuk mengelilingi Iokasi, disediakan mobii wisata, selain itu terdapat tempat-tempat parkir yang iuas, kios jajanan khas Kuningan, kios cinderamata, toilet, masjid yang megah, dan flaying fox. Dengan Paduan seni olahraga dan wisata, dapat dijadikan piiihan aitematif untuk acara ulang tahun “standing party".

Daya tarik utama Sangkanhurip Atami adalah pamandian air panas aiami beryodium yang menyehatkan dan menyegarkan. Pengunjung dapat berendam dalam air hangat di ruangan khusus atau di kolam terbuka. Anak-anak dapat berenang di kolam yang dilengkapi Iuncuran naga. Tempat pamandian ini terletak di kawasan wisata sehingga mudah dijangkau dari hotel-hotel yang ada di wilayah desa Sangkanhurip kecamatan Cigandamekar, termasuk hotel-hotel yang memihki fasilitas SPA. Di §ekitar lokasi terdapat beberapa restoran yang menyajikan menu khas yaitu ikan bakar, kios jajanan, dan dilengkapi fasilitas parkir yang memadai.

Desa Cibuntu merupakan sebuah desa yang teremasuk unik karena keberadaan desa tersebut yang terletak diujung Barat Kabupaten Kuningan yang beradé di lereng gunung ciremai, di desa Cibuntu terdapat situs situs yang konon ceritanya merupakan tempat-tempat napak tilas para wali ketika akan menuju ke Gunung Céremai, aktivitas wisata yang dapat dilakukan antara lain, sepeda gunung, agrowisata, wisata sejarah, dan pegunungan dapat menginap di home stay serta dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Desa Cibuntu. Untuk menuju ke Desa Cibuntu Kalau rute dari Cirebon tahapannya adalah : Cirebon Sumber (Plangon) Mandirancan Paniis Cibuntu dengan jarak tempuh 30 km.

KoIam ikan Cigugur merupakan salah obiek wisata yang memIIIkI keunikan tersendiri karena di kolam ini dihuni oleh ikan langka yaitu kancra bodas (Labeobarbus Doumensis). Ikan tersebut memiliki Iegenda tersendiri sehingga masyarakat sekitar menjadikannva ikan kramat dan menamainya ikan dewa. Ko|am ikan Cigugur terletak di Kelurahan Cigugur 3km dari kota Kuningan ke arah Barat dan terietak di pinggir jalan raya Cirebom Kuningan-Ciamis. Fasiiitas yang tersedia adaiah kolam renang dewasa dan anak-anak, kios jaianan, mushoia, dan areal parkir. Saat ini, di koiam Cigugur pengunjung bisa menikmati terapi ikan yang bisa dilakukan sambil duduk santai seIama 20 menit. Terapi ini dipercaya bisa meiancarkan peredaran darah.

Kolam Ikan dan Sumur 7 Clbulan terletak di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Tempat ini mudah dijangkau menyajlkan suasana alam dengan pepohonan yang rindang meneduh yang tumbuh di sekitar objek Seperti kotam ikan Cigugur, Cibulan memiliki kekhasan pada kolam ikannya dihuni oleh kancra bodas (labeobarbus doumensis) atau ikan dewa yang konon dibawa oleh murid-murid wali songo saat datang ke Cibulan. Para murid songopun meninggalkan 7 sumur yang mereka gunakan untuk berwudhu pada saat itu. Sumur tujuh dikeramatkan itu merupakan simbol harapan manusia pada umumnya dan dipercaya dapat membuat orang tetap awet muda dengan membasuh wajahnya menggunakan air sumur itu. Posisi ke tujuh sumur tersebut mengelilingi petilasan yang diyakini sebagai bekas tempat semedi pra bu siliwangi. Di tempat ini pengunjung dapat berenang bersama Ikan dewa. Selain itu, tersedia pula kios jajanan dan cinderamata, wahana flaying fox, toilet dan mushola.

Waduk Darma berjarak 12 km ke arah Barat daya dari Kata Kuningan atau 67 km dari Kata Cirebon. Lokasinya dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Cirebon - Kuningan - Ciamis sehingga mudah dijangkau. Waduk Darma yang termasuk wilayah Kecamatan Darma ini berfungsi sebagai bendungan irigasi dengan luas areal 425 ha, dengan kapasitas genangan air maksimum 39.000.000m3. Keindahan alam yang mengelilingi Waduk Darma menjadi salah satu daya tarik wisata yang mempesona. Pengunjung dimanjakan dengan fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati bersama keluarga seperti perahu motor yang akan mengantar pengunjung mengintari waduk, taman bermain anak-anak, flying fox, mini train, dan areal perkemahan, warung jajanan yang menyajikan makanan khas dan minuman khas Kuningan, kios cinderamata, mushola, toilet umum, dan areal parkir. Pada saat-saat tertentu digelar pentas seni panggung kesenian Waduk Darma.

Wisata alam Lembah Cilengkrang terletak dikawasan Gunung Ciremai dan merupakan kawasan wisata alam (ecotourism). Objek ini terletak disebelah barat Desa Pajambon Kecamatan Kramatmutya 13,5 km dari pusat kota Kuningan ke arah Utara. Kawasan ini terbagi menjadi 3 zona yaitu: zona wisata harian, kemah dan kehidupan burung dimana pengunjung dapat menikmati kicauan burung atau menyaksikan burung eIang Jawa. Zona kedua adaiah pemandian air panas, lembah, dan curug sabuk, dan zona terakhir adalah pemandian air panas alami merupakan keistimewaan tempat wisata ini dan menjadi tujuan yang tepat untuk hiking dan berkemah. Untuk para pengunjung tersedia areal parkir, saung santai, tempat kemping, dan warung jajanan. Lembah Cilengkrang adalah wisata minat khusus untuk yang mencintai petualangan.

Telaga Remis Adalah sebuah danau alam yang tertetak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, kurang lebih 37 km dari Kota Kuningan ke arah Utara. Udaranya sejuk dan panoramanya indah. Di sekeliling obiek ditumbuhi dengan pepohonan nan rindang, menambah kesejukan suasana, sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas rekreasi terkenal dengan ikan bakar yang tersedia dirumah makan kawasan itu. Remis adalah nama binatang sejenis kerang yang hidup di telaga sehingga tempat tersebut dinamai telaga terms, Fasilitas: lahan parkir, saung, kios jajanan, musho!a,toilet, dan taman yang hijau.

Sangkan Resort Aqua Park merupakan taman rekreasi air/waterboom/water park terbesar yang berlokasi di JL Bandorasa km 12, Kuningan, Cirebon Jawa Barat, indonesia. Berbagai macam atraksi air bisa pengunjung nikmati di Sangkan Resort Aqua Park. Selain Waterpark / Waterboom, Sangkan Resort Aqua Park juga menyediakan jasa Cottage/Hotel/Resort/Villa, Resto, Function Hall. Sangkan Resort Aqua Park sangat cocok untuk wisata keluarga mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Dengan konsep taman rekreasi air, pengunjung akan dimanjakan dengan wahana-wahana seru, kenyamanan, kebersihan dan keramahan pelayanan dari kami. Ajaklah keluarga dan sahabat terdekat anda untuk menikmati serunya bermain di taman rekreasi air.

Taiaga Biru adalah tempat wisata yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini mulai di kenal oleh umum sejak tahun 2006. Dinamakan Talaga Biru karena memang talaga ini mempunyai panorama menarik dari airnya yang terlihat berwarna biru terang. Talaga yang memiliki Iuas 3ha .Terdapat 3 buah gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi baru, di tempat wisata ini tersedia pula wahana permainan yang bisa memacu adrenalin yaitu Flying Fox.

Wisata Alam Bukit Panembongan yang terletak di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan ini muiai dibuka untuk umum pada buian April 2016. Luas area lahan mencapai 5ha tetapi lahan efektifnya sekitar 2ha. Akses menuju tempat wisata alam ini cukup sulit untuk dilalui, karena ialanan yang menanjak dan kontur jalan yang terjal. Namun, ketika sesampainya disana pengunjung akan disuguhi dengan view panorama alam yang cukup menawan dan alami. Di beberapa titik ada 4 buah tower bambu yang menjadi daya tarik tempat wisata ini, pengunjung dapat mengabadikan panorama dI sekltar tempat wusata. Selam Itu dl Buklt Panembongan ini terdapat dua buah gardu pandang sederhana yang terbuat dari bambu.

Obyek Wisata Warujimun (Paralayang) di Citangtu Kuningan Jawa Barat berada di Jalan Cileuweung, Citangtu, Kecamatan Kuningan, Citangtu, Kec. Kuningan.Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Obyek Wisata Warujimun {Paralayang } memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Lembah cantik langsung terpapar seluas pandangan mata. Aroma suasana hutan yang dilalui seakan terburai pemandangan dari ketinggian. Memasuki areal Wisata Olahraga Para|ayang Warujimun, pemandangan Iembah mengundang untuk terbang diatasnya. tak jauh dari pusat Kota Kuningan. Jalan yang menuju lokasi pun sudah layak dilalui kendaraan.

Hutan Kota Mayasih merupakan satu area hutan yang ter|etak di Desa Cigugur. Sesuai namanya Mayasih area hutan ini terletak di blok Mayasih. Luas area lahan Hutan Kota Mayasih ini mencapai 3ha dengan ketinggian 620 meter di atas permukaan laut. Hutan Kota Mayasih mulai diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2014. Sisa-sisa bebatuannnya sendiri masih terlihat, bahkan menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung. Untuk ukuran batu-batunya sendiri beragam. Selain itu daya tarik lain dari kawasan Hutan Kota Mayasih adalah terdapatnya beberapa gazebo, serta taman yang cukup nyaman untuk berteduh. Salah satu event tahunan yang biasa diadakan di area Hutan Kota Mayasih ini adalah acara adat ”Pesta Dadung”. Pesta Dadung biasa diadakan setiap hari ke 18 Rayagung. Acara adat ini menampilkan pertunjukan ”Angon Kerbau”. Upacara tersebut dimaksudkan agar sandang pangan warga tetap makmur.

wisata Taman Cisantana berada di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur ini. Suguhan pemandangan dari Taman Cisantana ini sangat  menawan, dan sangat cocok bagi kegiatan fotografi serta lnstagramable. Sebelum dibangun taman, area ini merupakan area pertambangan batu. Harga tiket masuknya sendiri cukup murah, yaitu hanya Rp. 5000, dan Rp.2000 untuk tiket parkir/motor. Akses menuju wisata ini pun cukup mudah. Karena berada tidak terlalu jauh dari pusat kota Kuningan yaitu sekitar 30 menit, yang bisa dilalui beragam kendaraan. Dengan beragam suguhan serta fasilitas yang semakin dikembangkan, keberadaan Taman Cisantana ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pengunjung yang memang ingin menikmati rileksasi sejuknya alam di kawasan perbukitan serta sarana refreshing guna memanjakan diri.

Sukageri View destinasi tersebut terletak di Kampung Palatungan, Kuningan. Selain menawarkan keindahan aIam Kuningan dari atas, ternyata banyak spot alami yang menarik untuk jelajahi. destinasi satu ini memang baru dibuka sejak Januari 2017 lalu hanya menawarkan pemandangan kota serta perbukitan di kuningan, Sukageri View juga menyediakan banyak spot asyik unuk melihat alam yang indah. Uniknya, tempat satu ini memiliki banyak bentuk mulai dari bulan, bintang, tangan dan banyak Iagi.

Curug Landung mulai dibuka pada tahun 2003, dan mulai beroperasi untuk umum sekitar 1 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 25 Desember 2016. Tempat wisata Curug Landung ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tentu alasannya karena wisata alam yang terletak di Desa Cisantana ini . menyuguhkan pesona alam yang sangat mengagumkan. Seperti  lingkungan alamnya yang masih asri serta air terjunnya yang cukup indah. Asal kata Curug Landung sendiri berasal dari arti kata ’Cur’ artinya Cai atau Air , Rugu yang artinya Ngocor atau Mengalir, dan Landung artinya Panjang atau Tinggi, sehingga Curug Landung artinya adalah Air terjun yang tinggi. Ketinggian curug ini memang salah satu tertinggi di Kota Kuningan, dimana tingginya mencapai 30m. Fasilitas wisata alam Curug Landung ini cukup lengkap beberapa diantaranya, Toilet, Mushola, Kantin, Gazebo, Area parkir dan Pos pusat informasi. Harga tiket masuk tempat wisata (dewasa) Rp. 10.000,-/ orang.

Obyek Wisata Bukit 1000 Bintang di Pasawahan Kuningan Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Padabeunghar, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, lndonesia. Di sini kamu bisa melihat gagahnya Gunung Cermai dari sudut pandang lain. Udaranya yang masih sangat segar serta pemandangan aIam yang menawan akan buatmu segar kembali. Ada area camping ground dengan bilik-bilik kamar juga. Jadi kalau kamu lagi nyari spot camping di Kuningan langsung meluncur ke Bukit Seribu Bintang saja. beberapa fasiIitas dan pelayanan di antaranya Area Parkir kendaraan, Musho|a, Kamar mandi / MCK, Penginapan dan masih banyak lainnya.

Kebun Raya Kuningan yang dibangun dengan memanfaatkan Iahan bekas perkebunan swasta di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan sebagai Kebun Raya Kuningan (KRK).Kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) di Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, dipastikan akan difasilitasi jalur akses khusus dengan pintu gerbang masuk dari wilayah Kec. Dukuhpuntang, Kab. Cirebon. Kepastian pembuatan jalan masuk keluar KRK melaiui Kab. Cirebon itu, menurut Kepaia Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kab. Kuningan H. Lili Suherli, barubaru ini bahkan telah dibuat dan ditetapkan dalam Detail Engineering Design (DED). Terdapat beberapa Kawasan Kebun Raya Kuningan yaitu: kantor peneiitian, pendidikan lingkungan, rekreasi aktif konservasi, koieksi tumbuhan iokal. buah buahan tumbuhan koieksi indonesia khususnva jawa dan tumbuhan koleksi dunia

Wisata Alam Batu Luhur Rock Garden merupakan kawasan objek wisata alam yang mulai dibuka pada akhir tahun 2015 tepatnya pada tanggal 23 Desember. Susuai namanya Rock Garden yang berarti taman batu, sehingga daya tarik utama dari tempat wisata alam ini adalah adanya hamparan bebatuan yang terhampar luas. Selain itu daya tarik lain dari tempat wisata Rock Garden ini yaitu view pemandangan dataran rendahnya yang sangat menawan seperti perkotaan, perkebunan dan lain sebagainya. Harga tiket masuk wisata alam ini sebesar Rp. 15.000 (Harga tiket sama pada hari weekend). Wisata ini terdapat aneka pernak-pernik kerajinan, lukisan pasir, ukiran bambu dan aneka pernak-pernik Iainnya yang bisa di beli dengan harga yang relatif terjangkau.

Seni budaya Sapton deglar pada setiap hari jadi Kuningan, setelah upacara hari ulang tahun dilaksanakan, para pejabat dan tamu undangan dipersilahkan langsung melihat permainan ini, sebagai permainan ketangkasan berkuda dengan peserta para demang/kepala desa/kuwu.

Seni budaya cingcowong dari daerah Luragung tepatnya Kuningan bagian Timur. Kesenian ini digelar dikaia musim kemarau yang panjang/kekeringan karena kesenian ini bertuiuan meminta huian. Kegiatan ini mengandung unsur magis.

Seni budaya kawin cai dari desa Babakan Mulya dan Maniskidul Kecamatan Jalaksana, digelar setelah panen padi masyarakat setempat, syukuran atas keberhasilan dalam mengolah pertanian, dengan air melimpah.Tradisi ini dilaksanakan pada hari Jum'at Kliwon

Seren taun merupakan upacara adat panen padi masyarakat Sunda khususnya di Cigugur Kabupaten Kuningan yang dilakukan setiap tahun. Penyelenggaraan dimulai dengan upacara ngajayuk (menyambut) pada tanggal 18 Rayagung, kemudian dilanjutkan pada tangga! 22 Rayagung bulan akhir pada sistem peninggalan Sunda, sebagaimana biasa, dipusatkan di Pendopo Paseban Tri Panca Tunggal, kemudian Pangeran Djatikusumah, yang didirikan tahun 1840. Sebagaimana Iayaknya sesembahan musim panen, ornamen gabah serta hasil bumi mendominasi rangkaian acara. Dengan upacara pembukaan padi sebagai puncak area, dengan disertai beberapa kesenian tradisional masyarakat agraris sunda‘tempo dulu.

Seni budaya pesta Dadung berasa! dari Desa Ciiebak Kecamatan Cilebak, sebagai syukuran petani kepada yang maha kuasa, karena timpahannya hasil pertanian yang berlimpah